Penerapan CIRC dipadu PBL berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Universitas Negeri Malang Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Tahun Akademik 2013/ 2014

Hartati, Tri Asih Wahyu (2019) Penerapan CIRC dipadu PBL berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Universitas Negeri Malang Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Tahun Akademik 2013/ 2014. In: Seminar Nasional Lesson Study "Peran Lesson Study dalam Mensukseskan Kurikulum 2013", 16 Desember 2013, Universitas Negeri Jember.

[img] Text
Prosising SLS ISBN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Perubahan paradigma dalam pembelajaran adalah paradigma Sains sebagai produk berubah menjadi Sains sebagai proses, belajar berbasis pengetahuan berubah menjadi berbasis kompetensi, pembelajaran sebagai kegiatan instruktif menjadi pembelajaran sebagai kegiatan fasilitatif, serta penilaian konseptual berubah menjadi penilaian autentik. Hudoyo (dalam Figianti, 2013) berpendapat bahwa memecahkan masalah merupakan aktivitas intelektual tingkat tinggi. Hal ini senada dengan teori belajar yang dikemukakan oleh Gagne (dalam Figianti, 2013). Berdasarkan teori belajar tersebut dapat diketahui bahwa ketrampilan intelektual tingkat tinggi dapat dikembangkan melalui pemecahan masalah. Memecahkan masalah merupakan tipe belajar yang paling tinggi dari tipe belajar yang dikemukakan oleh Gagne (dalam Figianti, 2013), yaitu belajar isyarat, stimulus respon, rangkaian gerak, rangkaian verbal, membedakan, pembentukan konsep, pembentukan aturan, dan pemecahan masalah. Dengan demikian, antara ketrampilan intelektual tingkat tinggi dengan kemampuan memecahkan masalah memiliki keterkaitan. Namun, berdasarkan hasil observasi di kelas SBM dapat diketahui bahwa belum pernah diterapkan model-model pembelajaran khusus secara runtut dan sistematis, selain itu metode yang digunakan adalah diskusi kelompok, dalam diskusi kelompok yang maju presentasi belum dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tingkat tinggi. Untuk itulah diperlukan model pembelajaran inovatif yang dapat memberdayakan kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir kritis. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah CIRC yang dipadu PBL untuk menyiapkan generasi yang mampu memecahkan masalah dan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah dan berpikir kritis dengan penerapan model CIRC dipadu PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berbasis Lesson study yang dilaksa nakan dalam dua siklus. Data kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis diperoleh dari skor Lembar Kerja Mahasiswa dan tes tulis yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memecahkan masalah mengalami peningkatan sebesar 24,03% dari siklus I ke siklus II, sedangkan kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan sebesar 24% dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mrs Tri Asih Wahyu Hartati
Date Deposited: 09 Oct 2019 04:57
Last Modified: 09 Oct 2019 04:57
URI: http://repo.budiutomomalang.ac.id/id/eprint/40

Actions (login required)

View Item View Item